Objection Overruled

“You think the only people who are people
Are the people who look and think like you
But if you walk the footsteps of a stranger
You’ll learn things you never knew, you never knew.”

Lirik itu diambil dari lagu Colors of The Wind-nya Pocahontas, film Disney favorit gue. Menurut gue liriknya pas banget untuk dikasih ke orang-orang yang nggak mau membuka diri untuk orang yang berbeda dari mereka. Entah itu agamanya, rasnya, kelasnya, atau hal-hal lain yang membedakan kita sebagai manusia.

Ketika lo merasa posisi lo kuat hanya karena lo tergolong dalam kaum “mayoritas” dari segi agama, seringkali lo lupa kalau di Indonesia juga ada umat beragama lain yang juga pengen beribadah dan hidup tenang kayak elo. Fakta bahwa jaman sekarang orang gampang banget nyebut kata “kafir” tanpa mikirin perasaan orang yang disebut kafir itu nunjukkin bahwa ketika seseorang merasa benar, empati dan toleransi kayaknya udah nggak ada artinya lagi.

Kalau lo ngerasa seneng dengan vonis 2 tahun Ahok, apa yang lo rayakan? Kemenangan umat Islam? Menang ngelawan siapa? Berhasil membela Al-Quran? Emang siapa yang nyalah-nyalahin Al-Quran ampe harus dibela? Gue yakin lo semua (dan gue sendiri pun) percaya kalau Islam dan Al-Quran nggak pernah salah, jadi apa tujuannya? Kalau alasan demonya untuk menegakkan hukum dan keadilan, lagi-lagi gue tanya, kok nggak demo waktu mantan Menteri Agama korupsi dana haji? Waktu mantan Presiden PKS, salah satu partai Islam terbesar, korupsi daging sapi? Karena gengsi ngakuin kalo orang KTP-nya Islam juga bisa bikin salah?

Ini juga kayaknya yang bikin banyak orang lupa kalo “imam besar” junjungan mereka yang mimpin aksi damai untuk menjarain Ahok pernah ngucapin kalimat “Kalau Tuhan beranak, bidannya siapa?” waktu lagi ngomongin soal hari Natal. Gue nonton videonya, dan setelah dia ngomong gitu, banyak jemaahnya yang ketawa. Hmm.. Nuduh orang lain menista agama, sendirinya menghina hari besar yang sangat sakral bagi umat lain. Seinget gue, Rasulullah nggak pernah ngajarin umat Islam untuk jadi ignorant dan bodoh kayak gitu, deh.

Nggak perlu jadi ahli bahasa, ahli telematika, ahli pidana, atau ahli apapun untuk nonton video Ahok dan nentuin sendiri dia menista agama atau enggak. Yang Ahok lakukan adalah mengkritik oknum-oknum yang memakai agama sebagai alat politik, dengan surat Al-Maidah 51 sebagai senjatanya. Sesimpel itu, lho. Tapi kalau emang udah benci, nonton video asli yang tanpa diedit Buni Yani (the root cause of all this havoc, may karma get you good) pun kayaknya nggak akan nangkep konteksnya apa. Bukan nggak bisa nangkep, tapi nggak mau karena di dalam hati udah ada rasa benci. Dan rasa benci ini, kalau terus-terusan dipupuk dan ditularin ke orang-orang, bisa bikin pola pikir makin hancur.

Gue nggak tau orang-orang yang menganggap Ahok perlu dipenjara itu lagi mikir apa sekarang, tapi gue cuma mau bilang kalo apa yang lo koar-koarin itu nggak mewakili suara seluruh umat Islam. Stop mengatasnamakan “umat Islam” untuk semua aksi-aksi bernada hate speech dan ngerusak keberagaman karena itu nggak ada untungnya buat negeri ini.

Buat Pak Ahok, Tuhan nggak akan ngasih ujian yang melebihi kapasitas hamba-Nya. Bapak kuat banget, udah difitnah sana-sini, didemo besar-besaran, diancem mau dibunuh, tapi masih bisa senyum waktu sampai di LP Cipinang. Suatu hari nanti, bapak akan bisa duduk tenang sambil ngopi dan inget kalau bapak udah berhasil ngelewatin ini semua. Sambil inget kata-kata di karangan bunga kiriman warga aja Pak, biar ketawa.

What doesn’t kill you makes you stronger, and you’re one of the strongest person we know.

Good night and sleep well, Pak.

_95988266_mediaitem95988265

Advertisements

2 thoughts on “Objection Overruled

  1. Hay ka dara, setuju deh dengan postingan ka dara. Semoga saja lebih banyak orang yang mempunyai cara pandang segala sesuatunya dengan sudut pandangan yang luas seperti ka dara. Salam kenal ka 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s