[Review] Avoskin Ultra Brightening Cream

Hai!

Apa kabar semua? Semoga selalu sehat, bahagia, dan kulitnya bersih cerah merona, ya. Buat yang kulitnya udah bersih cerah merona dari sananya, panjatkan rasa syukur yang banyak karena di dunia ini masih ada kita-kita yang mesti usaha ekstra biar hidupnya gak pusing urusan kulit.

Contoh kecil: sekitar dua minggu yang lalu, seorang gadis tengah mengamati wajahnya yang tiba-tiba breakout di sebuah cermin kamar mandi hotel di kota Bangalore, India. Selain muncul banyak jerawat, kulit mukanya juga merah, gatel-gatel, dan kering. Bukan, bukan Priyanka Chopra. Tapi gue.

Sori jayus, tapi asal muasalnya begini:

Dua minggu lalu, gue pergi ke Bangalore selama enam hari untuk urusan kantor. Dua hari nyampe sana, tiba-tiba kulit mulai bertingkah. Jerawat muncul banyak sampe ke rahang (it wasn’t that time of the month), T-zone berminyak parah, tapi di saat yang bersamaan kulit gue juga kerasa kering dan ngelupas di pipi dan dagu. Kebetulan juga skincare yang gue bawa waktu itu basic banget, jadi gak ada yang buat jerawat sama sekali.

Gak cuma itu, tiap abis cuci muka di kamar hotel, gak tau kenapa kulit gue jadi merah banget. Saking merahnya sampe-sampe di hari ketiga gue nyoba cuci muka pake air mineral yang ada di kamar, udah kayak artis ibukota. Bener aja, muka jadi gak semerah sebelumnya, tapi masalah jerawat dan kulit berminyak-tapi-ngelupas gue masih ada.

Teori gue banyak, sih. Bisa jadi gue jerawatan karena emang capek aja, terlalu banyak makan makanan yang berminyak dan berlemak (hello, curry!), kurang sayur, dan bisa jadi ada sesuatu yang bikin kulit muka gue sensitif sama air di kamar mandi hotel. Intinya, pulang dari Bangalore gue bawa banyak “PR” buat kulit, lebih-lebih di perjalanan pesawat bikin kulit gue makin nggak enak. Kulit yang lagi breakout + udara di pesawat = not a good match!

Sampe di Jakarta, gue langsung naro mindset “Hayuk, deh. Yang bener-bener aja yuk, kulitnya.” Gue harus ngobatin jerawat dulu, ngembaliin kulit ke kondisi semula yang emang cenderung berminyak tapi gak labil, dan yang terpenting: ngurangin bekas jerawatnya.

Nah, sebelum berangkat ke Bangalore, gue sempet pake Avoskin Ultra Brightening Cream selama kurang lebih semingguan. Gue emang nggak bawa krim ini ke Bangalore karena yang gue bawa ke sana itu bener-bener cuma sunscreen, pelembap, sama makeup remover (bahkan sabun cuci muka lupa bawa). Waktu Avoskin nanya gue mau coba produk ini apa gak, gue cukup tertarik karena belom pernah nyobain pake brightening cream untuk ngurangin bekas jerawat dan pengen tau efeknya gimana.

Gue sendiri baru tahu kalo Avoskin ternyata udah berdiri selama empat tahun. Buat yang belom familiar, mungkin ada yang pernah denger produk best-seller Avoskin, Perfect Hydrating Treatment Essence, yang laku keras di acara Jakarta X Beauty 2018 bulan April lalu.

Gak cuma bikin dunia skincare lokal jadi semakin beragam, Avoskin juga sebuah brand yang punya tanggung jawab sosial dengan nggak nguji produknya ke binatang dan juga lewat kerjasamanya dengan brand Torajamelo. Dua brand lokal ini membantu pemberdayaan penenun perempuan dari daerah Lembata dan Adonara, Nusa Tenggara Timur.

Balik lagi ke Avoskin Ultra Brightening Cream, fungsi utama krim ini memang buat mencerahkan kulit. Kandungan pencerahnya, alpha arbutin, diambil dari tanaman bearberry yang cara kerjanya adalah ngeratain warna kulit. Alpha arbutin bisa nargetin noda kecokelatan dari efek sinar matahari ataupun jerawat. Berhubung teksturnya udah lumayan padet, jadi biasanya gue gak nambahin pelembap kalo lagi pake ini.

avoskin1.jpg

avoskin2.jpg

Experience

Waktu pertama kali pake, kebetulan kulit gue saat itu kayaknya lagi fine-fine aja. Gue belom ngerasa ada yang berubah, selain kulit gue jadi lebih berasa seimbang aja kelembapannya. Meskipun teksturnya cukup padet dan tebel (yaiyalah, krim) tapi sejujurnya nyerapnya lumayan cepet. Pas dicolek pertama kali di tangan kerasa lumayan greasy, makanya gue sempet was-was di awal, tapi ternyata nggak apa-apa. Wanginya juga cukup soft, gak tajem atau ganggu.

Buat ngurangin bekas jerawat pasca-Bangalore, gue pake krim ini dengan dikombinasiin dengan exfoliating serum atau toner ganti-gantian. Sejujurnya agak nyesel sih, nggak bawa krim ini ke sana karena toh jar-nya lumayan imut. Soalnya krim ini lumayan multifungsi, bisa bantu mencerahkan, dan ada antioksidan dari vitamin A dan vitamin E-nya juga. Arbutin juga salah satu brightening ingredient yang nggak terlalu bikin kulit kering, jadi pas juga buat ngakalin kulit gue yang sempet ngelupas kemarin itu.

avoskin3.jpg

avoskin4.jpg

Review

Setelah dua mingguan, mulai berasa ada efeknya. Pelan-pelan, kelabilan kulit gue berkurang dan mulai normal lagi. Kulit gue juga mulai rata lembapnya, nggak tiba-tiba aneh ngelupas di daerah A dan berminyak di daerah B. Soal bekas jerawat juga mulai ada progress, meskipun buat jerawat yang cystic banget prosesnya lebih lama.

Nah, karena gue pake krim ini di step pelembap, yang di mana adalah step terakhir dan besar kemungkinan kulit gue udah cukup lembap karena skincare sebelumnya, makanya gue pakenya selalu tipis-tipis aja. Untungnya gak pernah triggering, paling sekali doang gue pernah pakenya lumayan tebel di daerah dahi dan alhasil jadi terlalu oily terus muncul jerawat.

Krim ini emang ada mineral oil-nya meskipun di urutan cukup bawah, jadi gak heran kalo dipakenya kebanyakan efeknya terlalu greasy. Tinggal pinter-pinternya kita aja ngukur seberapa banyak yang dibutuhin kulit kita. Kalo dipakenya cukup, muka gak akan berasa lengket, kok.

For who?

Krim ini sebenernya bisa dipake ama siapa aja, terutama buat yang targetnya emang mencerahkan kulit. Gue sih kurang rekomen buat yang emang lagi jerawatan banget, karena gue pun baru pake krim ini setelah jerawat aktifnya udah redaan sedikit. Tapi satu hal yang gue bener-bener gak expect adalah krim ini beneran kerasa ringan setelah dipake. Pastinya nggak seringan krim yang water-based ya, tapi masih bisa ditoleransi banget, buat kulit berminyak sekalipun. The product is enjoyable to use and delivers the job well. Another win for local product!

Buat yang tertarik coba, Avoskin Ultra Brightening Cream bisa dibeli di Lazada seharga Rp139.000. Setau gue ada promo ulang tahun Avoskin juga di mana lo bisa beli paket bundling yang pastinya lebih murah dibanding beli satuan. Cus, silakan dicek mumpung masih tanggal segini 😏

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s